Kamis, 29 Mei 2014


PERKEMBANGAN TEKNOLOGI SELULER




A.                Sejarah Perkembangan Teknologi Seluler
Telekomunikasi seluler mengalami perkembangan yang sangat pesat yaitu ditandai dengan perkembangan jumlah pelanggan, perkembangan teknologi dan layanan.
Teknologi telekomunikasi seluler telah mengalami evolusi mulai dari generasi (1G) berkembang dengan munculnya teknologi generasi berikutnya (2G dan 3G). Saat ini bahkan sudah mulai kajian dan persiapan standarisasi teknologi dan layanan generasi ke empat (4G).
§     Generasi Pertama (1G)
Teknologi komunikasi seluler generasi pertama disenut juga sebagai sistem analog. Pada generasi ini yang terkenal adalah AMPS yang dikembangkan oleh Bell Labs USA pada tahun 1970. Teknologi AMPS menggunakan modulasi frekuensi sebagai mekanisme transmisi dan beroprasi pada Pita Frekuensi 800 MHz.
§     Generasi Kedua (2G)
Sistem telekomunikasi seluler pada generasi kedua menggunakan teknologi digital. Sisitem telekomunikasi seluler pada generasi kedua menggunakan basis teknologi TD/LA dan CDMA. Sistem yang menggunakan TDMA adalah IS-136 dan GSM.
§     Generasi transisi (2.5G)
Beberapa teknologi data yang berbeda pada posisi transisi teleh dikembangkan dalam rangka mendapatkan kecepatan transfer data yang lebih tinggi sesegera mungkin dengan biaya implementasi yang lebih murah. Teknologi ini di kembangkan untuk meningkatkan kemampuan dari sistem standar pada 2G dimana implementasinya diperlakukan sebagai proses upgrade terhadap jaringan 2G. Teknologi ini dikelompokkan sebagai teknologi 2.5G.
§     Generasi Ketiga (3G)
Pada tahun 1985, International Telecommunication Union (ITU) menentukan versi untuk suatu sistem seluler generasi ketiga (3G), pada saat pertama disebut Future Public Land Mobile Telecommunication System (FPLMTS dan kemudian dinamai International Mobile Telecommunication 2000 (IMT-2000).



§     Generasi Ketiga (4G)
Untuk meningkatkan kecepatan akses data yang tinggi dan full mobile maka standar IMT-2000  di tingkatkan lagi menjadi 10 Mbps, 301 vlbps dan 100 Mbps yang semula hanya 2Mbps pada layanan 3G. Kecepatan akses tersebut didapat dengan menggunakan teknologi OFDM (Orthogonal Frequency Division Multiplexing) dan multi carrier.




Tidak ada komentar:

Posting Komentar