Kamis, 29 Mei 2014


                                              KOMUNIKASI DATA
A.                Abstrak
Komunikasi data yang berkembang dengan pesat. Hal ini sesuai dengan kemajuan teknologi dalam bidang telekomunikasi dunia yang sedang maju dengan pesat serta pengaruh era globalisasi dan arus informasi yang sangat diperlukan oleh masyarakat modern.
Akhir-akhir ini permintaan masyarakat modern akan kebutuhan komunikasi data sangat berkembang pesat. Untuk mentransfer data dengan jumlah besar dan memerlukan keakrutan dan juga mampu menjaga kerahasiaan data tersebut.
Teknologi Informasi adalah suatu teknologi yang digunakan untuk  mengolah data, termasuk memproses, mendapatkan, menyusun, menyimpan, memanipulasi data dalam berbagai cara utnuk menghasilkan informasi yang berkualitas, yaitu informasi yang relevan, akurat dan tepat waktu, yang digunakan untuk keperluan pribadi, bisinis dan pemerintahan dan merupakan informasi yang strategis untuk pengambilan keputusan. Teknologi ini menggunakan seperangkat komputer untuk mengolah data, sistem jaringan untuk menghubungkan satu komputer dengan komputer yang lainnya sesuai dengan kebutuhan, dan teknologi telekomunikasi digunakan agar data dapat disebat dan diakses secara global.
Perkembangan teknologi informasi memacu suatu cara baru dalam kehidupan, dari kehidupan climatal sampai dengan berakhir, kehidupan seperti ini dikenal dengan e-life, artinya kehidupan ini sudah dipengaruhi oleh berbagai kebutuhan secara elektronik. Dan sekarang ini sedang semarak di berbagai huruf yang dimulai dengan awalan “e” seperti e-commerce, e-goverment, e-education, e-library, e-journal, e-medicine, e-laboratory, e-biodervisity, dan yang lainnya lagi berbasis elektronika.

B.                Sejarah Singkat Perkembangan teknologi di Indonesia
1.                  Televisi
2.                  Radio ditahun 1986-1987 an awal perkembangan jaringan paket radio
3.                  Telepon
4.                  Pager
5.                  Handpone
6.                  Bluetooth
7.                  Wi-fi
8.                  GPS
9.                  Internet
Ledakan inter di indonesia sendiri terjadi sekitar tahun 1994 sebelumnya internet sudah masuk ke indonesia melalui jaringan akademis dan pusat riset, sehingga hanya golongan akademis dan peneliti yang dapat memanfaatkannya.
Kondisi ini sangat memprihatinkan dan menjadikan indonesia tertinggal jauh dibanding negara-negara lainnya yang telah terbiasa memanfaatkan internet untuk pendidikan di sekolah-sekolah.

C.                Teknologi Saat ini
Dalam kehidupan kita dimasa mendatang, sektor teknologi informasi dan telekomunikasi merupakan sektor yang paling dominan. Globalisasi telah memicu kecenderungan pergeseran dalam dunia pendidikan tatap muka yang konvensional ke arah pendidikan yang lebih terbuka (Mukhopadhyay M., 1995).
E-Goverment mengacu pada penggunaan teknologi informasi oleh pemerintahan, seperti menggunakan intranet dan internet, yang mempunyai kemampuan menghubungkan keperluan penduduk bisnis, dan kegiatan lainnya. Pada intinya E-Goverment adalah penggunaan teknologi informasi yang dapat meningkatkan hubungan antara pemerintahan dan pihak-pihak lain.
           
D.                Kualitas Layanan, Infrastruktur dan Harga Internet di Indonesia
Infrastruktur di indonesia sudah cukup baik, namun dibandingkan dengan perkembangan dunia infrastruktur indonesia masih belum terbangun dengan baik, tersusun teratur, rapih dan terjaga dengan baik.
Infrakstruktur di indonesia menurut sekelompok masih belum sesuai dengan harganya. Sekarang ini perkembangan teknologi di indonesia sudah semakin pesat, namun masih saja berbagai fasilitas yang kini lebih murah harganya karena kemudahan teknologi, dibuat mahal indonesia baik dari pihak swasta maupun dari pihak pemerintahan sendiri. Hal ini pun membuat makin terjadinya kesenjangan digital dikalangan masyarakat indonesia, karena ketidaklayakan harga ini mengakibatkan terbatasnya masyarakat yang dapat menjangkau penggunaan infrastruktur.

E.                 Kesenjangan Digital di Indonesia dan Bagaimana Solusi
Definisi yang disodorkan Craig tentang kesenjanan digital adalah perbedaan antara mereka yang mendapatkan keuntungan dari teknologi dan mereka yang tidak mendapatkannya. Jurang pemisah pemakaian teknologi ini kian menjaga jika konsumen hanya dipacu untuk membeli produk.
Penyebab makin lebarnyajurang digital tersebut adalah karena perkembangan teknologi yang sedemikian pesat, kurang bisa diikuti negara miskin dan yang sedang berkembang.

F.                 Digital Gap Indonesia
Tahun 1980an orang lebih berbicara soal mutu, selama tahun 1900an orang-orang mulai bicara tentang re enginering. Seberapa cepat sifat dasar bisnis berubah, seberapa cepat bisnis menjadi objek transaksi dan seberapa cepat sebuah akses komunikasi akan mengubah gaya hidup konsumen.
Kebutuhan akan tenaga yang berbasis teknologi komunikasi masih terus meningkat. Hal ini bisa terlihat dengan banyaknya jenis pekerjaan yang memerlukan kemampuan di bidan teknologi komunikasi masih sedikir, jika dibandingkan dengan jumlah penduduk indonesia. Infrastruktur internet di indonesia belumlah cukup memadai karena dilihat dari segi pelayanan di indonesia akses internet masih belum merata, ini terbukti masih adanya daerah yang belum bisa mengakses internet hanya di daerah tertentu saja yang dapat mengakses internet.
Dilihat segi harga, jika dibandingkan dengan negara lain yang sudah dapat mengakses internet secara gratis maka untuk negara indonesia dapat dikatakan sangat mahal. Kesenjangan digital adalah gap yang terlalu besar antara orang yang memakai teknologi digital dan orang yang masih menggunakan teknologi lama, karena berbagai biaya teknologi terbaru yang sangat tinggi dan daerah tempat tinggal yang mengalami keterlambatan dalam menerima teknologi.





Tidak ada komentar:

Posting Komentar